IbM Pelatihan Internet Sehat dan Aman bagi Siswa SMK Masmur Pekanbaru

Januari 7, 2019 by Ahmad

Pekanbaru – Kamis 20 Desember 2018, Tim Pengabdian kepada masyarakat Dosen Teknik Informatika Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Lancang Kuning mengadakan pengabdian masyarakat di SMK Masmur Kota pekanbaru Riau. Tim pengabdian tersebut terdiri dari Guntoro, S.T., M.Kom, Lisnawita, M.kom dan Muhamad Sadar, SE., M.Kom. bentu dari pengabdian masyarakat ini adalah melakukan pelatihan penggunaan internet sehat dan aman. Sasaran dari kegiatan ini adalah mensosialisasikan kepada khalayak mengenai cara berinternet yang sehat dan aman terutama bagi siswa/siswi SMK Masmur Pekanbaru, sehingga dampak positif penggunaan internet dapat dimaksimalkan dan dampak negatifnya dapat diminimalkan atau bahkan dihindari.

Pada Kegiatan ini dihadiri sekitar 36 peserta siswa/siswi SMK masmur Pekanbaru terutama kelas 10.  Kegiatan pelatihan ini dibuka oleh Ibu Lisnawita, M.Kom. Selanjutnya penyampaian materi diberikan oleh Bapak Guntoro, S.T.M.Kom.

Kegiatan pelatihan internet sehat ini diawali dengan pemutaran video tentang internet sehat dan bagaimana dampak positif maupun negatif. Pada kegiatan ini peserta diberikan pemahaman tentang internet, dampak negatif dari media internet terutama tentang pornografi bagi otak dan media sosial, bagaimana cara menghindari dampak negatif tersebut, dan bagaimana memanfaatkan teknologi internet dengan baik, terutama bagi pelajar. Kegiatan ini peserta melakukan praktik langsung bagaimana menggunakan internet sehat, yaitu menggunakan aplikasi browser Usearch dan UC Browser, peserta juga diberikan penjelasan bagaimana cara membuat blog dengan menggunakan blogger dan wordpress. Di akhir kegiatan, Tim pengabdian, peserta dan kepala sekolah melakukan foto bersama.

Liputan sapariau.com

Komentar