Dosen UNILAK Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat ” Daur Ulang Botol Plastik Menjadi Bunga Imitasi”

Desember 30, 2018 by Ahmad

Pekanbaru – Dosen UNILAK dalam melaksakan TRIDARMA Perguruan Tingga salah satunya dalam melaksanakan Pengandian Kepada Masyarakat (PKM). Palaksanaan PKM dilakukan pada tanggal 29 Desember 2018, dan merupakan kegitan akhir tahun, semoga membawa berkah, lokasi kegitan di Laboratorium Fakultas Pertanian Unilak, dimulai pukul 9.00 sampai dengan pukul 12.30. Dimana kegiatan PKM yang terdiri dari dosen dilingkungan Fakultas Pertanian Universitas Lancang Kuning yakni Ibu Ir. Surtinah, MP, Ibu Dra. Seprita Lidar, M.Si dan Ibu Trisa Wulantika, SP., MP.

 

Botol plastic bekas air mineral maupun air kemasan lain menjadi masalah baru di lingkungan Unilak.  Sebagai salah satu perguruan tinggi ternama di Propinsi Riau tidak luput dengan banyaknya kegiatan yang wajib dilaksanakan.  Setiap kegiatan yang dilaksanakan selalu meninggalkan sampah, terutama botol kemasan minuman.

 

Botol bekas minuman ini menjadi sampah yang sangat mempengaruhi keasrian lingkungan kampus.  Padahal dengan pengelolaan yang tepat maka botol botol bekas minuman mineral ini akan berubah bentuk menjadi sesuatu yang memiliki nilai estetika dan nilai jual.

 

Pada kesempatan ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Pertanian mengajak remaja di lingkungan Kampus Unilak untuk berperan dalam memanfaatkan botol bekas minuman tersebut menjadi bunga imitasi yang indah.

 

Unilak setiap semester selalu melakukan wisuda, dan beberapa tahun terakhir ini kegiatan wisuda selalu diiringi dengan ucapan selamat berupa pemberian bunga kepada wisudawan dan wisudawti.  Hal ini menjadi pasar yang menjanjikan bagi remaja di sekitar kampus Unilak.  Selama ini pedagang bunga ucapan selamat dimonopoli oleh pedagang dari luar kampus, apakah tidak lebih baik bila bunga ucapan selamat diperjualbelikan oleh remaja disekitar kampus yang notabene adalah mahasiswa Unilak juga, sekaligus sebagai uji coba wirausaha bagi para remaja dan mahasiswa.

 

Kegiatan ini memfokuskan dalam pembuatan bunga ucapan selamat dan Bross,  remaja putri yang mengikuti kegiatan ini sangat senang, karena selama ini mereka tidak paham bagaimana membuat bunga imitasi dari botol bekas air mineral.  Tujuan kegiatan ini menurut Ketua Tim PKM Faperta Unilak adalah untuk menanggulangi sampah botol plastic yang selalu ada disetiap kegiatan menjadi barang yang bernilai jual, dan untuk meningkatkan ketrampilan remaja di sekitar lingkungan Unilak untuk berperan serta dalam menjaga lingkungan, sekaligus sebagai ajang untuk menggali pengalaman berwirausaha.

 

Liputan https://sapariau.com

 

 

Komentar